Senin, 24 Februari 2014

Kurikulum 2013 Bernuansa Tematical Object

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

iklan-tusfiles Kurikulum 2013 atau lebih dikenal lagi dengan nama Pendidikan Berbasis Karakter merupakan kurikulum baru yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Berbeda dengan kurikulum sebelumnya, Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun disiplin yang tinggi. Kurikulum ini menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang diterapkan sejak 2006 lalu.

Pengetahuan dalam kurikulum 2013 sama seperti kurikulum-kurikulum sebelumnya, yakni tidak lain adalah bagaimana penekanan pada tingkat pemahaman siswa dalam suatu pelajaran. Nilai dari aspek pengetahuan didapat dari Ulangan Harian, Ujian Tengah/Akhir Semester, dan Ujian Kenaikan Kelas. Namun pada kurikulum 2013, Pengetahuan tersebut bukanlah aspek yang paling utama seperti pada kurikulum-kurikulum sebelumnya.

Keterampilan atau lebih mendasar pada tematik merupakan aspek baru dalam kurikulum di Indonesia. Keterampilan merupakan penekanan pada skill atau kemampuan. misalnya adalah kemampuan untuk mengemukakan pendapat, berdiksusi/bermusyawarah, membuat laporan, serta berpresentasi. Aspek Keterampilan merupakan salah satu aspek penting karena hanya dengan pengetahuan, siswa tidak dapat menyalurkan pengetahuan tersebut sehingga hanya menjadi teori semata.

Penjabaran sekolah-sekolah yang akan diberlakukan pada Kurikulum 2013 belumlah merata pada tahun 2014 ini, hanya saja akan dipilih beberapa sekolah percontohan yang akan diberlakukan kurikulum 2013. Sementara untuk sekolah-sekolah lainnya masih mengacu pada kurikulum lama yakni Kurikulum KTSP.
===Sumber Baca===


bannerkomen
Share this article :

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA :

0 komentar:

Posting Komentar